Membuat Dial-up Connection untuk Telkom Speedy di Ubuntu Linux

Selain di Windows, koneksi dial-up untuk Telkom Speedy juga bisa dibuat di Ubuntu Linux. Caranya lebih mudah dan simpel. Berikut ini penjelasannya:

  1. Pastikan modem Anda sudah diset ke mode bridge.
  2. Hubungkan modem ke dalam komputer, kemudian nyalakan.
  3. Buka Terminal (klik menu Applications > Accessories > Terminals).
  4. Ketik sudo pppoeconf, kemudian ketik password Linux Anda.
  5. Pilih Yes untuk semua pertanyaan yang diajukan (maaf saya lupa detail setiap pertanyaannya :)). Ada screenshot-nya sih…, cm ndak sempat upload.
  6. Jika ditanya username, ketik nomor speedy Anda, misalnya 142433300xxx@telkom.net
  7. Berikutnya, masukkan password Speedy Anda.
  8. Setting tersebut sebenarnya disimpan dalam sebuah file bernama dsl-provider di /etc/ppp/peers/
  9. Untuk konek ke internet, ketik sudo pon dsl-provider.
  10. Sedangkan untuk diskonek, ketik sudo poff dsl-provider.
  11. Agar lebih mudah diingat, Anda bisa mengubah nama file dsl-provider menjadi nama lain, misalnya speedy atau telkomspeedy. Caranya: ketik sudo mv /etc/ppp/peers/dsl-provider [SPASI] /etc/ppp/peers/telkomspeedy. CATATAN: kata [SPASI] berarti tekan SPASI (spacebar) satu kali.
  12. Sekarang, untuk konek ke internet, ketik sudo pon telkomspeedy.
  13. Jika muncul tulisan Plugin rp-pppoe.so loaded, berarti modem sudah siap dan bisa digunakan.
  14. Sedangkan untuk diskonek, ketik sudo poff telkomspeedy.

Selamat mencoba! ***

REF: ADSLPPPoE, Connecting to the Internet.

15 thoughts on “Membuat Dial-up Connection untuk Telkom Speedy di Ubuntu Linux

  1. Pingback: Perbedaaan Mode Bridge dan PPPOE pada Modem ADSL « esetianto

  2. udah bisa internetan skarang aku, gimana cara sharing internet biar bisa sama sama pake dirumah.
    trimakasih untuk tutor nya

  3. Mas Alfian,
    Untuk berbagi koneksi internet dengan satu modem, bisa menggunakan switch hub. Jenis dan harga switch hub bermacam-macam, tergantung merek dan jumlah port-nya. Salah satunya bisa dilihat di sini: http://www.bhinneka.com/category/switch.aspx.

    Komputer dan modem dihubungkan ke modem tsb menggunakan kabel LAN (straight). Cara koneknya biasa saja. Kalau modemnya diset di mode PPPoE, maka begitu modem on (nyala), semua komputer bisa langsung konek bersama-sama. Tapi kalau modem diset ke mode bridge, nah ini yg saya blm pernah coba. Apakah setiap komputer musti dial dulu pake perintah pon telkomspeedy, atau cukup satu komputer saja yg mewakili.

    Monggo, silakan dicoba dulu mas. Kalau masih trouble, silakan kasih comment lagi. Terima kasih sudah mampir kemari🙂

    Oya, kalau boleh tahu, mas Alfian pakai modem apa?!

  4. mau tanya dund…
    kmaren saya coba cara tersebut.. dan berhasil… tetapi hari ini saya tidak bisa konek internet saya pake ubuntu 9.10.. gmana menghapus settingan dial up speedy d ubuntu…🙂

    • @sirray4:

      kmaren saya coba cara tersebut.. dan berhasil

      well done🙂

      tetapi hari ini saya tidak bisa konek internet saya pake ubuntu 9.10

      kenapa? error-nya apa?

      gmana menghapus settingan dial up speedy d ubuntu

      duh..! jujur saja saya lupa yg satu ini😦😦 . tp seingat saya dulu pernah menghapus setting ini.

      saya sudah lama tidak pakai cara ini. sekarang modem saya diset ke mode PPPoE, jadi sewaktu ON langsung bisa konek ke internet, tidak perlu bisa pakai dialup lg spt ini. tadi saya sempat coba tulisan ini malah error, led LAN card kedip2 kuning (yg kedip2 kuning, yg steady/ndak kedip hijau), dan ndak bisa konek lagi. mungkin karena modem sdh diset ke mode PPPoE, bukan lagi bridge.

      btw. coba salah satu langkah ini:

      buka terminal dan ketik sudo pppoeconf lagi. seingat saya nanti ada konfirmasi apakah akan menimpa/overwrite atau menghapus setting yg sudah ada.

      atau

      buka terminal dan ketik sudo-apt get autoremove pppoeconf, dan ikuti perintah selanjutnya.

      atau

      atau, hapus file /etc/ppp/peers/dsl-provider. caranya, ketik sudo rm -dr /etc/ppp/peers/dsl-provider. restart komputer dan lihat hasilnya.

      dicoba dulu ya mas. maafin klo sy salah. lupa sich🙂 . berhasil atau tidak, silakan kasih komen lg di sini ya, supaya saya ingat lagi gimana caranya🙂

      REF:
      Connecting to the Internet
      Delete pppoe settings
      How can I remove pppoeconf settings?

      bisa dicari sendiri pakai Google dengan keyword how to remove pppoeconf, how to remove pppoeconf setting, dsb.

  5. mas mau nanya gi mana cara buat shortcutnya??? jd kita ga usa buka terminal lg bwt ngetikin kodenya bisa ga??? saya baru nyoba pake ubuntu nih mohon bantuannya ya hehehe

    • mas mau nanya gi mana cara buat shortcutnya???

      bikin shortcut-nya gampang mas. klik kanan (area kosong) di desktop, trus pilih Create Launcher. di bagian Name, ketik nama/label shortcut, misalnya Internetan. di bagian Command, ketik gksudo pppoeconf. [Gambar]. ketika shortcut tsb dijalankan (diklik dua kali), Anda akan diminta mengetik password root. [Gambar]

      kita juga bisa bikin shortcut yang sama di panel (atas). caranya: klik kanan area kosong di panel, pilih Add to Panel. trus pilih Custom Application Launcher, kemudian klik Add. langkah2 selanjutnya sama seperti di atas.

      demikian mas. semoga menambah semangat belajar Ubuntu Linux.🙂

  6. saya sudah berhasil koneksi dialup speedy di ubuntu makasih banyak boz,sekarang yang jadi masalah warnet gak bisa konek semuanya,bagaimana biar klien bisa terkoneksi internet…selama ini saya pakek XP karena memang set mudah…mohon pencerahannya (by:aan newby)

    • congrats deh!🙂 tapi sy kurang jelas nih. maksudnya, apakah semua komputer (klien) di warnet konek ke pc (yg pakai ubuntu) untuk konek ke internet? kalau iya, setahu saya perlu install/setting samba di ubuntu. untuk tutorial selengkapnya bisa dicari di internet. demikian…

    • Modemnya apa? saya pakai LevelOne FBR-1161. Koneksi ke komputer menggunakan kabel LAN, bukan USB. Coba cek di bagian belakang modem, koneksinya pakai apa? Coba pakai kabel LAN, jangan USB.

      USB is far from the ideal medium for network access, if you have a modem that can connect both via USB and ethernet or a ethernet router, you should use the ethernet connection instead of the USB modem. REF: USB ADSL modems.

      Silakan dicoba dulu ya…

Leave a Reply

