Om, Ubuntu Itu Apa Sih?!

Saya sering ditanya oleh anak-anak ketika mereka bermain ke rumah saya. “Om, Ubuntu itu apa sih?”, tanya mereka heran. Saya sendiri agak susah menjelaskan secara gamblang, mengingat usia mereka masih sangat muda (sekitar kelas 1 atau 2 SD) dan belum begitu akrab dengan komputer. Tapi saya jawab saja, bahwa Ubuntu itu sama seperti Windows, tapi lebih bagus, menarik, unik, jarang (atau mungkin tidak pernah) kena virus, mudah digunakan, banyak game bagus, gratis, dan masih banyak lagi fitur lainnya, sebatas yang saya ketahui dan pernah saya gunakan.

Pertanyaan di atas sebenarnya sederhana. Awalnya saya tidak terlalu menghiraukan. Saya anggap itu adalah pertanyaan yang wajar, sama seperti ketika dulu saya atau Anda melontarkan pertanyaan serupa. Namun jika ditelisik lebih lanjut, ada sebuah pelajaran menarik yang patut disimak.

Pertanyaan anak kecil di atas perihal Ubuntu, menandakan rasa ingin tahu (curriousity) yang besar. Rasa ingin tahu, ingin mencoba, dan kemudian ingin bisa. Rasa penasaran mereka semakin bertambah, ketika saya katakan bahwa Ubuntu itu bagus, banyak gamenya, tidak pernah kena virus, dsb. Mereka pun sedikit memaksa saya untuk mencoba, ketika saya buka satu dua buah game yang—meskipun untuk ukuran saya kurang menarik, namun—membuat mereka senang, happy.

Saya membayangkan, seandainya sejak dini anak-anak seusia mereka dikenalkan pada program-program yang bersifat opensource, misalnya Ubuntu Linux, tentu mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri. Selama ini, anak-anak lebih mengenal Windows karena, menurut hemat saya, memang itulah yang mereka terima sejak dini, baik di lingkungan pendidikan formal, maupun di rumah.

Saya bukan seorang idealis yang anti Windows, pro Linux/Ubuntu, atau sebaliknya. Ide pengenalan program-program open source sejak dini diharapkan bisa membuka dan menambah wawasan mereka. Bukan tidak mungkin bila suatu saat nanti lahir para pengembang program open source muda dari Indonesia. ***

4 thoughts on “Om, Ubuntu Itu Apa Sih?!

Leave a Reply

