Setting Modem 3G di Ubuntu Linux 9.04

Setting modem 3G di Ubuntu 9.04 sebenarnya sama seperti setting di Ubuntu 8.10. Bedanya, Ubuntu 9.04 ternyata belum dibekali dengan perintah wvdial secara default, sehingga harus ditambahkan/diinstall secara manual. Berikut ini cerita selengkapnya:

  1. Buka Terminal (klik Applications > Accessories > Terminal).
  2. Ketik sudo apt-get install wvdial
  3. Setelah wvdial terinstall, Anda bisa mengatur setting modem 3G seperti cara ini.

Selamat mencoba!***

19 thoughts on “Setting Modem 3G di Ubuntu Linux 9.04

  1. sori mas mau tanya.. aku dah coba perintah sudo apt-get install wvdial . tapi muncule malah error. katanya tidak ada dalam packet.

    bagaimana solusinya?

    • ohh, kalo gitu coba ketik ini dulu: sudo apt-get update tunggu sampai semua proses selesai. kalau sudah, baru ketik: sudo apt-get install wvdial dicoba dulu ya mas. kalau masih belum bisa, silakan kasih komentar lagi kemari, atau kontak langsung lewat email…

      btw. thanks sudah mampir kemari🙂

    • caranya sama seperti di atas mas…

      jadi ketik ini dulu: sudo apt-get update. fungsinya untuk mengupdate daftar paket terbaru yang tersedia di repository. setelah selesai, baru deh ketik: sudo apt-get install wvdial.

      dicoba dulu ya mas…

  2. sori mas ga bisa… wvdial sudah ok… script dial sudah ok..

    tapi hasilnya tetep ga bisa…😦

    apa mas pernah coba dengan modem 3G di ubuntu 9.04?

    • pernah dong mas😀 kalau nggak, masa saya bisa cerita di blog ini😀😀 awalnya saya coba di Ubuntu 8.10. wvdial sudah ada, tinggal disetting pakai wvdialconf dulu. kalau di Ubuntu 9.04, perintah wvdial malah belum ada, jd musti diinstall dulu, baru kemudian caranya sama persis spt yg untuk Ubunt 8.10.

      btw. modem saya Sierra Wireless AirCard 881U, pakai kartu Matrix (Indosat Broadband, paket ECO SAT). kalau modem yang lain, saya pernah coba Option Icon i255, tapi belum berhasil. sptnya ada tip khusus untuk modem Option Icon di Ubuntu. selain dua modem tsb, saya blm pernah coba. tapi sekarang saya sudah tidak pakai ini lagi, karena ternyata lambat. di tempat saya sinyal 3G cm 1 bar, kadang malah ndak dapat. tapi kalau pakai AirCard 881U, lumayan sih, masih bisa jalan agak cepet. skrg saya balik ke koneksi ADSL😀

      oya, modem yg dipakai masdapit apa ya?? pakai kartu apa??

    • gak bisanya kenapa ya pak? alhamdulillah saya udah bisa mas. thanks ya..

      btw mas dapit, ada pesan error apa di konsole?? biasanya, kalau sudah ada tulisan IP xxxxx, DNS xxxxx dst, itu tandanya kita sudah konek..

  3. Pingback: Lagi, Soal Setting Modem 3G di Ubuntu Linux « Welcome to my blog | Eko H. Setianto

  4. ap bedany Phone = *99# sama Phone = *99***1#
    Mohon penjelasanya ya kk
    ap sama ja
    saya dah coba pake dua Phone itu dua2ny bisa conect

  5. saya baru aja mengalami masalah dengan masalah diatas, namun setelah saya browsing ke google akirnya saya bisa coneck ke internet denga menggunkan modem huawei e220. msalahnaya pas sudah terconec modem saya , dia tidak bisa browsing melalui mozila , padahal saya sudah ping google , namun tidak mau juga.
    akhirya saya mengganti vendor browsingnya menggunakan opera dan akhirnya masalah ini hilang juaga , sekarang saya browsing dengan menggunakan opera di linux ubuntu 9.04, jika anda memiliki masalah yang sama , anda hanya perlu menseting modem anda sampai conec ( caranya , cari di google ) dan kalo udah conec , tinggal anda gunakan browser yang lain selain mozila…… semoga pengalaman ini bermanfaat bagi anda semua…

  6. @Randy:
    Oiya saya lupa kasih NOTE/catatan. untuk menginstall/update software di Ubuntu Linux, kita musti online/konek ke internet. Kalau ndak online, ya ndak bisa, KECUALI kita punya DVD repository. Maaf ya mas Randy..🙂

  7. @Randy lagi:
    Coba konek ke internet dulu mas, trus dicoba lagi ya. Kalau belum bisa, silakan mampir lagi ke mari. Nanti kita keroyok bareng2 itu laptop he..he..he..🙂 *just kidding*

Leave a Reply

