Mengikat Makna

Saya tidak sengaja menemukan arsip tulisan pak Hernowo, soal bermain-main dengan teks. Inti tulisan tersebut soal mengikat makna sehari-hari, seperti yang ditulis beliau dalam buku yang sama.

Soal buku buku itu, Mengikat Makna, sebenarnya sudah lama saya tahu dan ingin membeli, cuma sayang tidak kebagian😀. Dan alhamdulillah, meski belum sempat baca (apalagi membeli), saya bisa juga ikut belajar soal mengikat makna tersebut.

Intinya, mengikat makna artinya menuliskan apapun pengalaman yang kita alami dalam bentuk tulisan. Berikut ini kutipannya:

PERTAMA, tuliskan saja pengalamanmu sesuai keinginanmu. Tulislah apa yang ada di dalam dirimu, bukan yang tidak ada di dalam dirimu. Oke? Mudah kan? Pokoknya keluarkan saja setiap hari dengan perlahan-lahan. Caraku ini kuistilahkan dengan nama ”mengikat makna”, yaitu menuliskan (mengikat) diri kita atau pengalaman diri kita yang benar-benar berharga bagi diri kita.

KEDUA, perbanyaklah membaca, membaca apa saja yang kamu senangi. Jangan membaca sesuatu yang tidak kamu senangi. Sekali lagi, membacalah apa saja. Membaca menjadi penting karena kalau kamu suka membaca, dirimu akan kaya-raya dengan kata. Jika dirimu kaya-raya dengan kata, kamu akan mudah sekali menuliskan pengalamanmu yang kaya. Semakin berkualitas kekayaan katamu, semakin berkualitas pula dirimu yang bisa kamu keluarkan secara tertulis. Menulis memerlukan membaca (karena membaca dapat memasok dirimu dengan kata-kata). Oke?

KETIGA, lakukan kedua hal di atas saat kamu mengganggur atau saat kamu punya waktu luang. Upayakan untuk melakukannya setiap hari. Buatlah semacam buku harian untuk menampungnya. Mudah kan? Aku yakin, jika ketiga hal itu kamu lakukan dengan mencicil setiap hari, dan kamu merasakan kesenangan dalam melakukannya, insya Allah, kelak kamu akan memiliki kemampuan menulis sebagaimana yang kumiliki saat ini.

One thought on “Mengikat Makna

  1. Pingback: Si Tomboi Pengikat Makna « Welcome to my blog | Eko H. Setianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s