Menulis Posting Lewat Email

Posting lewat email tidak jauh berbeda dengan menulis email biasa. Yang perlu diperhatikan adalah soal sending format alias format pengiriman email tersebut.

Ada dua format pengiriman yang biasa digunakan, yaitu plain teks alias teks biasa, dan HTML format. Perbedaan keduanya, menurut saya, terletak pada cara penulisan teks tertentu dan hasilnya.

Kalau pakai format TEXT ONLY:

  • Kalau Anda pakai email Gmail, Yahoo! Mail, atau Hotmail, sebaiknya gunakan sending format (format pengiriman) plain text atau text only.
  • Kalau kirim posting lewat Mozilla Thunderbird, pilih juga sending format (format pengiriman) yang sama, yaitu plain text atau text only.
  • Karena dikirim dalam format teks biasa (plain text), maka untuk membuat teks CETAK TEBAL atau teks CETAK MIRING, bisa menggunakan tag <b></b> (untuk cetak tebal) dan <i></i> (untuk cetak miring). Kalau pakai tombol BOLD atau ITALIC di toolbar, hasil tulisan di posting akan berubah jadi tanda * (asterisk).
  • Untuk nomor urut (ordered list) dan bullet (unordered list) bisa pakai tombol number list atau bullet list di toolbar seperti biasa.
  • Untuk menulis paragraph, tidak perlu menggunakan tag <p></p> tapi cukup ditulis seperti biasa. Tiap paragraph dipisahkan dengan satu baris (dua kali ENTER).
  • Untuk menulis link, bisa ditulis langsung seperti biasa. Hasilnya seluruh URL akan tampak seperti biasa. Tapi kalau ingin membuat link yang seperti ini, maka perlu menggunakan tag href.

Kalau pakai FORMAT HTML:

  • Semua teks ditulis biasa. Tombol-tombol atribut, seperti CETAK TEBAL, CETAK MIRING, BULLET, dsb bisa digunakan seperti biasa. Hasilnya juga akan otomatis muncul seperti yang diharapkan.
  • Hanya saja, sewaktu membuat link, tidak bisa menggunakan tag href langsung, karena hasilnya agak kacau, tidak seperti yang diharapkan. jadi link bisa langsung ditulis seperti biasa, misalnya http://esetianto.wordpress.com.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

One thought on “Menulis Posting Lewat Email

  1. Pingback: HTML Format « Welcome to my blog | Eko H. Setianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s