Si Tomboi Pengikat Makna

Masih ingat tulisan saya tempo hari soal mengikat makna? Saya jadi teringat soal cara dan alat apa saja yang bisa digunakan untuk mengikat makna. Tentu saja, alat yang saya maksud di sini bukanlah seutas tali atau rantai baja,🙂 melainkan alat tulis.

Alat tulis tidak selalu harus dimaknai sebagai pena dan kertas, tapi bisa juga berupa alat digital yang memiliki fungsi serupa, misalnya handphone/telpon genggam, PDA, dsb. Kalau software?? Arghh…, betul sekali! Ide yang bagus!😀

Software atau tool untuk mencatat ide atau catatan kecil dikenal dengan istilah notes taking tools. Jenisnya banyak sekali. Namun satu yang saya sukai adalah si Tomboy Notes. Saya kurang tahu pasti kenapa namanya Tomboy Notes. Apakah karena sifatnya yang tomboi, atau ada makna lain.😀 Tapi yang jelas, tool yang satu ini sangat mudah digunakan, dan sederhana. Fungsi utamanya tentu saja mencatat apa saja yang ada di benak Anda ke dalam tulisan.

Tool ini merupakan salah satu aplikasi standar di Ubuntu Linux. Namun bagi para pengguna Windows dan Mac tidak perlu kecewa, karena Tomboy Notes juga tersedia untuk kedua sistem operasi tersebut.

Jika Anda penasaran, unduh Tomboy Note terbaru di sini. Pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Jangan lupa pilih versi terbaru (stable version), jangan yang development version alias versi ujicoba.

Tomboy note bisa diakses lewat menu Applications > Accessories > Tomboy Notes. Untuk membuat catatan baru, klik ikon Tomboy Notes di pojok kanan atas, kemudian pilih menu Create New Note. Selanjutnya, ketik judul dan isi catatan yang diinginkan.

Selamat bermain dengan si Tomboi!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s