Selamat Tinggal Liferea!

Liferea adalah RSS reader standar di Ubuntu. Program ini cukup sederhana dan mudah digunakan. Tampilannya mirip seperti program pengolah email, seperti Mozilla Thunderbird atau Outlook Express, yang terdiri atas tiga panel utama.

Saya sudah lama menggunakan Liferea. Selama ini cukup lancar. Tapi ketika jumlah feed dan situs yang saya pantau mulai bertambah banyak, kinerja Liferea agak lambat, terutama saat pertama kali dijalankan. Sering terasa berat dan lambat.

Akhirnya saya putuskan untuk meninggalkan Liferea. Sebagai gantinya, saya menggunakan Mozilla Thunderbird. Selain sebagai pengelola email, Thunderbird juga bisa digunakan untuk memantau RSS feed dari situs-situs favorit.

Oya, sebelum berpisah dengan Liferea, terlebi dahulu data-data RSS feed tersebut diekspor ke dalam format OPML. Selanjutnya, data tersebut diimport kembali ke dalam Thunderbird. Hasilnya, data saya tetap aman seperti semua. Hanya saja, data yang didapat dari Liferea, yang semula saya pisahkan dalam folder tertentu, melebur jadi satu ketika saya impor ke dalam Thunderbird, sehingga agak sulit untuk dipilah-pilah. Memang kita bisa membuat folder baru di Thunderbird, tapi tentu saja agak merepotkan. Mungkin ini salah satu kekurangan (kalau boleh saya sebut demikian) Thunderbird.

Sejauh ini, terlepas dari satu kekurangan di atas, Thunderbird nampaknya cukup bisa diandalkan. Meski menyimpan data RSS feed dari Liferea dengan jumlah yang cukup banyak (data yang sama dengan yang ada di Liferea), Thunderbird masih dapat bekerja dengan tenang dan cepat, tidak seperti Liferea.

Selamat tinggal Liferea!😦

Leave a Reply

