Virus atau Bukan?

Sewaktu mendaftar untuk memperoleh webhosting gratis di 000webhost.com, kita diminta untuk mendownload sebuah file, yaitu ip_confirm.exe, ukurannya 2.6 KB. Setelah dijalankan, kita akan mendapatkan sebuah kode acak enam digit yang digunakan untuk mendaftar di 000webhost.com.

Awalnya saya berpikir bahwa ini memang file dan prosedur yang mesti dilakukan untuk mendaftar di sana. Tapi beberapa waktu lalu, salah satu pembaca buku saya mengeluh tidak bisa mendownload dan menjalankan file tersebut, lantaran diblokir oleh program antivirus yang terpasang di komputernya. Lantas, saya coba iseng untuk mendaftar lagi di 000webhost.com, tapi kali ini menggunakan komputer dengan sistem operasi Ubuntu Linux 9.04, bukan Windows. Hasilnya, saya berhasil mendaftar meski tanpa mendownload dan menjalankan file tersebut.

Jadi, apakah file .exe tersebut memang virus atau trojan? Kalau memang prosedur pendaftaran di 000webhost.com harus demikian (harus download file ip_confirm.exe dulu), kenapa di Ubuntu Linux tidak? []

6 thoughts on “Virus atau Bukan?

  1. Pingback: Apakah File ip_confirm.exe Termasuk Virus? « Catatan harian penulis lepas

    • @Kelix:

      Mematikan/menonaktifkan antivirus (AV) sebenarnya bukan solusi yang tepat, sebab justru virus lebih leluasa masuk dan menyerang. Kalaupun berhasil download/daftar di sana dan (seolah) tidak terjadi apa-apa, itu karena virusnya lolos begitu saja.

      Menurut hemat saya, lebih aman pakai Ubuntu Linux (atau varian Linux lainnya), jangan Windows.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s