Dijual: Yamaha L2 Super (1984)

INFO: motor ini SUDAH TERJUAL pada bulan Mei 2010. Infonya tetap tersimpan sebagai arsip. Demikian.

Yamaha L2 Super

Yamaha L2 Super

[English] [Bahasa]

DIJUAL: motor Yamaha L2 Super tahun 1984. Kondisi mulus terawat. Bukan barang simpanan/koleksi. Masih dipakai untuk keperluan sehari-hari.

Peminat serius, hubungi: BPK. TRISNO S (tanpa perantara). Silakan lihat koleksi photonya di sini atau di sini.

Saya mungkin termasuk salah satu pengguna dan pecinta motor Yamaha yang cukup beruntung. Bayangkan saja! Sejak tahun 1978, hampir semua produk motor Yamaha pernah saya miliki dan gunakan untuk keperluan sehari-hari. Sebut saja misalnya, Yamaha V-75, Yamaha V-80, Yamaha L2 tahun 1978, Yamaha L2 Super tahun 1981, Yamaha L2 Super tahun 1984, Yamaha New Vega R tahun 2006, dan terakhir Yamaha Jupiter MX tahun 2006.

Di antara beberapa varian motor Yamaha tersebut, Yamaha L2 Super buatan tahun 1984 merupakan motor yang paling tua, awet, dan masih sering saya gunakan untuk keperluan sehari-hari hingga saat ini. Motor tersebut saya beli pada tanggal 6 April 1986 di PD. Harapan Motor, Jl. Jend. Sudirman No. 223, Bengkulu. Pilihan saya pada motor Yamaha bukanlah tanpa alasan. Selain kokoh, konstruksi motor Yamaha juga paling rapi dibandingkan dengan motor merek yang lain.

Sejak masih baru, Yamaha L2 Super saya sering berkelana, baik di dalam kota maupun luar kota. Hampir setiap minggu saya sering pergi dari Argamakmur, Bengkulu Utara (tempat tinggal saya waktu itu) ke kota Bengkulu, menempuh jarak tidak kurang dari 180 Km pergi-pulang. Kegiatan ini sering saya lakukan hingga tahun 1990.

Ketika saya pindah tugas ke kota Bandung pada bulan April 1990, motor tersebut juga turut serta. Di kota sejuk ini, petualangan terasa semakin asyik dan menyenangkan. Selain menyusuri jalan-jalan dalam kota, motor tersebut juga sering saya bawa berkeliling ke luar kota bersama keluarga, bahkan hingga ke kawasan Puncak, Lembang, Subang, dan sekitarnya. Tidak ada keluhan berarti yang saya rasakan saat itu. Meskipun medan yang dilalui cukup berat, namun semuanya terasa mudah dan lancar saja. Tanjakan, turunan, jalanan berkelok, nggak masalah!

Saat saya harus pindah tugas lagi ke kota Semarang pada bulan Juni 1994, Yamaha L2 Super tersebut tetap setia menemani. Seperti di dua kota sebelumnya, Yamaha L2 Super tampaknya semakin senang berkelana, baik di dalam maupun luar kota. Perjalanan yang paling jauh dan sering saya lakukan setiap bulan adalah Semarang-Rembang-Blora, pulang kampung menjenguk orang tua, menempuh jarak tidak kurang dari 300 Km pergi-pulang via jalur Pantura. Meski cukup melelahkan, namun motor tersebut tetap melaju dengan tenang di antara deru kendaraan lain. Bahkan, ketika barang bawaan bertambah berat, ia tetap mantap bertenaga. Sungguh sebuah pengalaman yang menyenangkan!

Ada satu hal menarik dan selalu berkesan hingga saat ini. Meski tergolong motor tua, namun kondisinya yang terawat luar-dalam ternyata mampu menarik perhatian banyak orang. Dulu, setiap kali saya akan pindah tugas ke kota lain, ada saja rekan atau tetangga yang berminat dan berharap dapat membelinya. Mereka pikir, membawa motor tua berkeliling kota tentu sangat merepotkan. Namun bagi saya, memiliki motor tua, apalagi dalam kondisi yang baik dan selalu terawat, merupakan suatu kesenangan tersendiri. Ada sisi sejarah dan kepuasan yang tak tergantikan, bahkan oleh motor baru sekalipun.

Tidak hanya itu. Sorot kekaguman juga masih saya rasakan hingga saat ini. Bayangkan saja! Ketika berhenti di perempatan jalan, ada saja orang yang sempat tertegun melihat penampilan motor tersebut, bahkan tak jarang di antaranya yang berminat untuk membelinya. Demikian pula ketika saya berhenti di SPBU untuk mengisi bahan bakar, atau parkir di suatu tempat untuk suatu keperluan, tak sedikit orang yang menyatakan minat dan kekagumannya. Melihat kenyataan tersebut membuat saya semakin bersemangat untuk senantiasa menjaga kondisi motor agar tetap prima.

Saat ini motor tersebut masih mampu digunakan dengan baik layaknya motor baru. Sejauh pengalaman saya, belum ada motor sejenis yang mampu menandingi keandalannya. Selain konstruksinya yang sederhana/rapi, toolkit-nya juga paling lengkap dibanding dengan varian motor Yamaha lainnya, apalagi motor merek lain. Yamaha L2 Super memang benar-benar super!

DATA KENDARAAN:

  • Merk / Type: Yamaha / L2 Super
  • Tahun pembuatan: 1984
  • Nomor polisi: H-5744-CZ
  • Warna: Merah
  • Nomor rangka: L2S-132557 K
  • Nomor mesin: 5T3-32585 K
  • Tempat pembelian: PD. Harapan Motor, Jl. Jend. Sudirman No. 223, Bengkulu
  • Nomor faktur: W.8125/L2S-40900/0257/85/MG-104 tanggal 26 April 1986, dari PT. Harapan Motor Sakti Industri Company, Jakarta.
  • Nomor BPKB: 6413321 F atas nama TRISNO SOEMARNO
  • Pemakaian kendaraan: Dipakai untuk keperluan harian keluarga sejak baru (6 April 1986) hingga sekarang.
  • Kondisi kendaraan: Istimewa, tingkat orisinalitas perlengkapan/spare part tinggi, semua panel instrumen masih berfungsi dengan baik berkat perawatan yang sangat teliti (data perawatan terekam/dicatat dengan baik dari baru sampai sekarang).
  • Kinerja mesin: Normal, masih mampu melaju dengan kecepatan 80 km/jam atau lebih.

36 thoughts on “Dijual: Yamaha L2 Super (1984)

    • Aahh.., (calon) pembeli pertama rupanya. Silakan2 pak, monggo.

      Dijual.., dijual. dipilih.., dipilih. ayo silakan, jangan mau ketinggalan he-he-he🙂

      • @ Kimkim:
        Soal harga, bisa langsung ke pak Trisno (Telp: 024-8443955, HP: 08112700631). Lebih bagus lagi kalau ada waktu cek langsung ke lokasi (Semarang), supaya puas bisa lihat langsung kondisi motornya.🙂 Monggo, silakan…

  1. Pingback: Internet dan Wong Cilik « Welcome to my blog | Eko H. Setianto

  2. wah motor bagus, buat pak Trisno, kenapa malah dijual ? lebih baik dipelihara n dijaga, nilai historisnya itu n lebih antik. saya juga punya YMH L2 tahun 1979, dipunyai sejak 1980, 98% masih original, sayang kalo dijual

    • @ Our lover:

      Terima kasih sekali sudah berkunjung kemari. Senang rasanya bisa bertemu sesama penggemar motor antik/motor jadul.🙂

      Btw. sebenarnya sudah sejak lama banyak yang naksir motor tsb, cuma belum Bapak lepas. Selain masih sayang, harganya jg belum cocok (seperti yang ada dalam cerita di posting tsb). Rata-rata mereka menilainya sekadar motor bekas belaka😦 Padahal ini kan lain🙂 *sedikit promosi he-he-he*

      Mungkin mas/mbak One lover berminat? Siapa tahu pengen menambah koleksi motor antik di rumah🙂 Monggo silakan cek ke lokasi🙂

  3. Pingback: SEO, Jualan, dan Insomnia « Welcome to my blog | Eko H. Setianto

  4. wiuh.. cet ny masii ori tuch?
    saya juga punya l2 super hitam tahun 81..
    kira2 ada yg jual spedometer ori nya g yah? coz rusak..hhe

    • @ fahmi yahya:

      catnya masih original/asli mas🙂 klo speedometer sy kurang ngerti. cb kontak langsung ke pak Tris. gak beli motornya skalian mas😀 masih asli lho, bukan motor koleksi…

    • @Polteng:

      Oya? Awet…, hmm…, dipake terus tiap hari atau cuma buat koleksi??? Kalau koleksi ya jelas awet. Kalau yang ini beda. Masih dipakai normal/utk keperluan sehari-hari, bukan barang koleksi..😀

    • iya mas, betul. motor lama/jadul malah awet dan bandel. beda dengan buatan jaman sekarang. tapi memang sih, semua tergantung perawatan.

    • maaf baru balas komen, pak Maskur. hampir dua minggu sy gak di depan komputer. btw klo fans sih nggak jg, cm kebetulan kebanyakan yg pernah dipake ya yamaha. pernah jg pake honda..

    • ter-highlight gmn ya pak? sptnya otomatis tuh, gak ada ngubah2 setting. mungkin pengaruh dr jenis theme yg dipakai. pak maskur pk theme apa?

  5. pak harganya berapa?
    dan kalau sampe jakarta berapa?

    buat temen2 tolong bantu saya cari l2g yang masih ori…tolong infonya …ya..

    • soal harga, lsngung kontak pak Tris mas. btw klo cari yang 100% ori (spt baru), berarti bukan barang antik dong. antik itu kan, menurut hemat saya sih, barangnya tetep dipake, tapi tetap terawat dg baik. kalau ndak dipakai (cm disimpan doang) ya bukan antik, tapi emang nimbun motor (he..he..he., kayak BBM ajah maen timbun ha..ha..ha..).

      biar gak penasaran, monggo langsung kontak pak Tris. atau cek langsung ke TPK jg boleh…

  6. pak, aku juga punya L2 super hitam thn 83, spedonya rusak, gimana cari spedo yg ORI ya, bekas juga gak masalah, yg penting masih berfungsi, minta tolong kalo ada yg punya, kebetulan aku juga domisili di semarang. pak Tris kalo tahu cari spedo ORI dimana ya, tolongin aku….. goangbastari@yahoo.co.id

    • wah telat mas. motor itu sudah laku, dibeli sm orang jakarta (sy lupa namanya). kalau mau, coba kontak langsung ke pak Tris via telpon. sy dengar pak Tris msh punya spedo L2 super ORI (baru). goodluck yah..🙂

  7. DEAR PAK TRISNO,
    SAYA PUNYA MTR YAMAHA L2G,TP KONDISINYA SKR TIDAK BISA DIHIDUPKAN TP SAYA INGIN BELI ONDERDILNYA KAYAK SEKER,TANGKI DLL YG ORISINIL DIMANA YA? SAYA BISA DAPATKAN?THNX INFONYA

  8. saya punya yamaha l2 super , gesit dan original minus skok depan bunyi cetak2… lokasi mojokerto, plat s lamongan, ini kendaraan kesayangan keluarga saya , minat hub. 081230820174, harga nego

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s