Flashdisk Aneh

Kurang lebih dua hari yang lalu saya menerima sebuah flashdisk dari tetangga saya. Flashdisk yang aneh, kapasitasnya lumayan besar, 2GB, merek A***A. Isinya file dokumen office biasa (.doc, .ppt, .pdf, file-file photo .jpg, .mp3, dsb). Saya sebut aneh, sebab, pertama, file-file di dalam flashdisk tersebut tidak bisa dilihat melalui Windows Explorer, tapi kelihatan jelas jika di File Browser di Ubuntu Linux. Anda tentu langsung menebak bahwa ini ulah virus.

Dari hasil pencarian di Google, untuk kasus semacam ini, banyak pemilik blog/website yang menyarankan menggunakan perintah attrib di DOS prompt, yaitu attrib -s -h *.* /S /D. Tapi…., argh.., no way! It doesn’t work. Trust me! Respon yang muncul cuma “no such file *.* found”. Tidak lebih!

Keanehan kedua, beberapa file di dalamnya ternyata tidak bisa dibuka alias error. Beberapa di antaranya juga terproteksi, tidak bisa dihapus (di Ubuntu Linux, menggunakan perintah sudo rm -dr /media/NAMA_FLASHDISK/NAMA_FILE, seperti yang biasa saya lakukan), atau diubah permission-nya (di Ubuntu Linux, menggunakan perintah chmod).😦 Meski demikian, saya cukup beruntung karena masih bisa menyelamatkan sebagian file di flashdisk tersebut dan menyimpannya ke dalam CD.

Keanehan yang lain, flashdisk tersebut tidak bisa diformat, baik di Windows, maupun di Ubuntu Linux (menggunakan perintah gparted). Kalau diformat di Windows, setelah proses format selesai, selalu muncul pesan error yang kira-kira berbunyi “Unable to format …” (saya lupa kalimat persisnya). Oya, status flashdisk, kalau dilihat di Gparted, ada ikon segitiga kuning dengan tanda pentung (seru), yang menandakan bahwa flashdisk tersebut diprotek (???).

Bagi saya, ini flashdisk paling aneh yang pernah saya temukan. Punya pendapat/saran/solusi soal ini?

4 thoughts on “Flashdisk Aneh

    • ndak ada tuh mas😦 kalau boleh menyebut merek, itu flashdisk A**TA warna putih, berbalut karet, kapasitas 2GB. bukan flashdisk ku, tp punya tetanggaku. tapi alhamdulillah, yg penting datanya sdh bisa dipindah. mungkin skrg flashdisknya sudah masuk tong sampah🙂

      btw. thank you sudah mampir kemari🙂

  1. wew… itu juga sama kya gw,,, flashdisk gw 8GB…. ampe skr msih bermasalahh,.., gw juga ga tau knp… setiap gw mao format,,slalu ga bsa… folder pun ga bsa d apus,,, truz flashdisk lo bsa balik ga?carnya gmn?

    • @ SaM:

      Hmm…, balik sih bisa mas, tp balik ke tong sampah😀 alias dibuang, drpd bikin pusing. Soalnya dah gak bisa diapa2in lg. Mgkn klo niat dicari2 lewat Google ada kl solusinya yg jitu, tp sy kurang telaten.😦

Leave a Reply

