Seandainya Tidak Ada Search Engine

Google

Google

Beberapa menit yang lalu saya tidak bisa mengakses Google dan Yahoo. Tidak seperti biasanya. Beberapa menit kemudian, barulah kedua SE (Search Engine) itu bisa diakses kembali, setelah saya restart komputer yang sedari pagi tadi terus menyala.

Sempat terpikir oleh saya, betapa repotnya kita seandainya tidak ada Search Engine. Kita hidup di tengah lautan informasi dunia maya, tapi tidak bisa leluasa mencari dan memilah yang kita inginkan tanpa search engine. Andai saja tidak ada search engine, internet mungkin tidak seramai sekarang ini. Inikah bentuk ketergantungan manusia terhadap search engine? Demikian besarkah ketergantungan kita pada internet?

Saya membayangkan (sekali lagi cuma membayangkan), seandainya Google mematok tarif tertentu untuk bisa menggunakan jasa search engine tersebut, apa yang akan terjadi? Apakah kita serta merta membayar, meski ongkosnya, misalnya, tidak murah untuk ukuran rata-rata kantong kita?

Ah, embuh lah, saya ndak ngerti. Saya tidak tahu…😦 Duh.., saya kok tiba-tiba error begini yak, cuma gara-gara Google tidak muncul satu dua menit saja.😦😦 Ah.., internet.., internet!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s