Apakah File ip_confirm.exe Termasuk Virus?

000Webhost.com

000Webhost.com

Anda tentu kenal dengan 000webhost.com kan? Bagi Anda pembaca yang sudah sering internetan, apalagi pernah membuat website, tentu tahu apa itu 000webhost.com. 000webhost.com adalah sebuah situs penyedia layanan webhosting gratis dengan kapasitas dan fasilitas yang, bila dilihat sekilas, tentu sangat menarik.

Itu baru sekilas. Kalau dilihat lagi dua kilas๐Ÿ™‚ (maksud saya, dilihat dan dicoba lagi secara lebih teliti), Anda akan menemukan sebuah kejanggalan. Coba gunakan komputer dengan sistem operasi Windows. Cobalah mendaftar di http://www.000webhost.com/order.php. Isikan nama domain yang sudah aktif (misalnya www.namawebsite.com), nama Anda, alamat email, password (buat password baru untuk login ke 000webhost.com), dan ketik lima digit angka acak di bagian Enter the number you see in the image. Jangan lupa contreng pilihan I agree to Terms of Service, kemudian klik tombol Create My Account.

Di halaman berikutnya, Anda diharuskan untuk mendownload sebuah file bernama ip_confirm.exe (dulu ukurannya 2.8 KB, sekarang ternyata bertambah menjadi 27.9 KB). File tersebut, setelah didownload dan dijalankan, akan menampilkan enam digit angka secara acak yang harus diisikan kembali di form pada website 000webhost.com guna menyelesaikan proses pendaftaran.

Masalahnya, dari pengalaman beberapa pembaca buku saya, juga pengalaman beberapa pemilik blog yang pernah mencoba, file ip_confirm.exe seringkali tidak bisa didownload karena dianggap virus atau trojan oleh program antivirus yang terinstall di komputer. Kalaupun bisa didownload, ukuran filenya tidak utuh seperti aslinya, terkadang bahkan cuma 0 KB.

Lantas, di mana letak kejanggalan yang saya maksud tadi? Begini. Saya iseng mendaftar lagi di 000webhost.com, namun kali ini menggunakan laptop dengan sistem operasi Ubuntu Linux (bukan Windows). Setelah mendaftar di http://www.000webhost.com/order.php, account saya langsung aktif, tanpa harus mendownload dan menjalankan program ip_confirm.exe tersebut. Saya tidak KKN lho๐Ÿ˜‰ (dengan 000webhost.com).๐Ÿ˜€ Pun tidak ada trik khusus. Saya cuma pakai Ubuntu Linux.

Saya tidak berani serta merta menuduh bahwa itu virus atau ada maksud lain di balik file tersebut. Namun logikanya, seandainya ip_confirm.exe memang file yang bersih, dan merupakan bagian dari mekanisme pendaftaran di 000webhost.com, mestinya saya juga tidak bisa mendaftar jika menggunakan Ubuntu Linux. Atau, apakah karena saya pakai Ubuntu Linux, sehingga file ip_confirm.exe tidak bisa dijalankan, sehingga saya bebas masuk dan langsung diterima di 000webhost.com?๐Ÿ˜€

Jadi bagi Anda yang masih mengalami kesulitan mendaftar di 000webhost.com, saran saya:

  1. Pakai komputer dengan sistem operasi Ubuntu Linux (atau varian Linux lainnya, jangan Windows) dan daftar ke http://www.000webhost.com/order.php.
  2. Buat Anda yang menggunakan Windows dan masih mengalami kesulitan mendapatkan file ip_confirm.exe, silakan download sendiri di sini. Kalau masih bermasalah (karena dianggap virus atau trojan oleh program antivirus), coba download yang ini. Kalau susah juga, coba yang ini.
  3. Pertimbangkan kembali niat Anda untuk mendaftar di 000webhost.com. Maksud saya, kalau memang website Anda tersebut dibuat untuk keperluan yang serius, misalnya untuk bisnis dsb, sebaiknya gunakan jasa webhosting berbayar saja. Namun jika hanya ingin mencoba-coba, Anda juga bisa menggunakan jasa webhosting gratis selain 000webhost.com. Anda bisa mencarinya sendiri melalui Google menggunakan keyword/kata kunci yang relevan, misalnya “free webhost”, “free webhosting”, “webhosting gratis”, dsb. Kalau Anda masih penasaran dan tetap ingin mencoba hosting gratis di 000webhost.com, ya tidak masalah. Hanya saja, menurut pengamatan saya, website yang di-hosted/menggunakan webhosting gratis di 000webhost.com yang tidak aktif/tidak dikunjungi selama 30 hari akan dinonaktifkan. 7 hari berikutnya, jika masih tidak ada penunjung, website Anda akan dihapus. Soal ini pernah saya tulis di blog ini dengan judul Protect Your Account. Keterangan selengkapnya soal ini juga bisa dilihat di sini.

TULISAN TERKAIT:

2 thoughts on “Apakah File ip_confirm.exe Termasuk Virus?

    • @ waroeng ubuntu:

      betul mas, lebih enak pakai Linux, terutama untuk internetan. semua sudah lengkap tersedia, tinggal pilih saja. dan yang penting, ndak kenal virus he..he. bablazz virus-e๐Ÿ˜‰

      oya, ngomong2 soal memilih, sepertinya waroeng ubuntu banyak menawarkan tutorial Linux terutama Ubuntu. hmm, mesti sering2 mampir nih๐Ÿ™‚ btw. terima kasih mas sudah mampir ke sini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s