Spam Aneh

Spam tentu bukan barang aneh buat Anda. Tapi spam yang bandel dan susah dihapus, meski sudah dilaporkan sebagai spam (report as spam/mark as spam), mungkin baru kali ini saya alami. Begini ceritanya…

Saya punya sebuah account email di Gmail, sebut saja AAA@gmail.com. Selama ini saya mengirim dan menerima email lewat Thunderbird (di Ubuntu), bukan lewat web. Saya juga punya delapan account lain yang diakses lewat Thunderbird.

Seingat saya, tiga hari yang lalu saya menerima email dari seseorang (xx_xxxxx@yahoo.co.id). Saya paham itu spam, karena (1) saya tidak kenal si pengirim, dan (2) isi email tidak jelas juntrung ujung pangkalnya. Jadi langsung saja saya tandai sebagai spam (junk). Lantas, apakah selesai?

Belum! Beberapa hari kemudian saya masih mendapat email spam yang sama persis. Tapi anehnya, email tsb tidak ditandai sebagai Junk mail oleh Thunderbird.

Tampilan spam di Thunderbird

Tampilan spam di Thunderbird

Keanehan lainnya: semua email yang masuk ke account saya (AAA@gmail.com), jika dibuka lewat Thunderbird, selalu berubah menjadi spam dengan alamat email pengirim yang sama. CC dan isinya kadang sama, kadang tidak. Tapi kalau dibuka lewat webmail (Gmail), normal/tidak berubah jadi spam.

Saya sempat menduga, ini karena Thunderbird. Tapi tidak, bukan itu! Sebab account email saya yang lain, yang juga saya kelola menggunakan Thunderbird, ternyata tidak bermasalah/normal saja.

Saya juga sempat menduga masalahnya ada di Gmail. Tapi ternyata juga bukan, sebab waktu email tsb saya buka di Gmail (lewat web), tidak masalah/normal saja.

Lama saya mikir cuma gara-gara spam konyol ini. Akhirnya saya putuskan untuk menghapus account tsb (AAA@gmail.com) dari Thunderbird (bukan Thunderbird yang diinstall ulang), dan membuat lagi dari awal. Dan alhamdulillah, ternyata berhasil! Meski demikian, saya masih penasaran kenapa itu bisa terjadi.

Argh…, ada-ada saja…

Oya, berikut ini kutipan email header dari email spam yang saya terima itu:

-eGroups-Msg-Info: 1:0:0:0
From: “Ahmed S. Gandi” <as_gandi@yahoo.co.id>
X-Yahoo-Profile: as_gandi
X-eGroups-Approved-By: femmy_syahrani <femmy.syahrani@gmail.com> via web; 20 Nov 2006 02:51:38 -0000
Sender: Forum_LingkarPena@yahoogroups.com
MIME-Version: 1.0
Mailing-List: list Forum_LingkarPena@yahoogroups.com; contact Forum_LingkarPena-owner@yahoogroups.com
Delivered-To: mailing list Forum_LingkarPena@yahoogroups.com
List-Id: <Forum_LingkarPena.yahoogroups.com>
Precedence: bulk
List-Unsubscribe: <mailto:Forum_LingkarPena-unsubscribe@yahoogroups.com>
Date: Sun, 19 Nov 2006 14:36:17 +0700 (ICT)
Subject: [FLP] Bisa carikan saya pesantren?
Reply-To: Forum_LingkarPena@yahoogroups.com
X-Yahoo-Newman-Property: groups-email-ff
Content-Type: multipart/alternative;
boundary=”d8CQBNHxFfbKQlGWtRVH0sJzeOL64sGwKZ2jR1D”

–d8CQBNHxFfbKQlGWtRVH0sJzeOL64sGwKZ2jR1D
Content-Type: text/plain; charset=US-ASCII
Content-Transfer-Encoding: 7bit

Mungkin ada pembaca yang pernah mengalami masalah serupa? Bagaimana solusinya? Silakan berbagi di sini.

3 thoughts on “Spam Aneh

  1. Pingback: Spam Aneh | Update Blog Terbaru

    • @ marsudiyanto:

      Betul pak. Account email saya di Thunderbird yg saya hapus. Email2 di dalamnya mau saya backup, tp gak jadi. Selain banyak, rata2 gak penting jg🙂 Jadi langsung aja delete dan bikin setup account baru. Meski sdh tidak muncul lagi, tp saya masih penasaran kenapa bisa kena spam iseng spt itu. Bingung aja😀 Sempat panik juga ha..ha..ha.., langsung ganti password😀😀

Leave a Reply

