Mobile yang Tidak Mobile

Dulu, sebelum membeli laptop, banyak orang berangan-angan bisa bekerja di mana saja dengan laptop tersebut. Tidak salah memang, sebab laptop bisa digunakan untuk bekerja hampir di semua tempat, kecuali di dasar kolam atau laut.😀 Tapi tentu saja, umur laptop sewaktu digunakan secara ‘mobile’ sangat tergantung pada baterainya. Bukan soal besar atau kecil kapasitasnya.

Baterai tetaplah baterai. Punya keterbatasan. Andai saja ada baterai laptop yang punya kemampuan seperti baterai handphone jaman sekarang, bisa dipakai terus sampai hampir seminggu. Andai juga ada charger baterai laptop tenaga surya, tentu lebih leluasa bekerja dengan laptop di luar rumah, bahkan di daerah terpencil sekalipun (yang jauh dari jangkauan PLN). Lebih sip lagi kalau punya alat untuk konek ke internet. Serasa benar-benar punya kantor berjalan.😀

Saya nulis ini karena tiba-tiba ingat ide untuk nongkrong di salah satu sudut bandara (saya bilang sudut karena ini memang bukan di dalam bandara, tapi ada satu tempat khusus buat lihat2 pesawat yang naik-turun-dan naik lagi ha..ha..ha..). Tapi ya itu, lha namanya saja tempat nongkrong, tentu ala kadarnya. Tidak ada tempat untuk charging (baca: ngecas). Padahal baterai laptop saya cuma tahan, paling lama, satu setengah jam. Lha saya kalau sudah pegang laptop bisa hampir seharian. Makanya tadi jadi sempat berandai-andai, seandainya ada charger laptop yang pakai panel surya (solar cell), apalagi yang murah meriah (baca: ndak pake mahal), tentu sangat menyenangkan.

Jadi, punya laptop ternyata tidak selalu berarti bisa bekerja (dan hidup) secara ‘mobile’. Bisa sih bisa, tapi dengan sangat terbatas, terutama kalau tidak ada tempat buat nebeng charging (baca lagi: ngecas).

2 thoughts on “Mobile yang Tidak Mobile

  1. Pingback: Indekos dan Nulis « catatan harian penulis lepas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s