Tebak Lagu

Dulu saya punya teman yang bekerja di Kantor Pos Samarinda (sayang sekali saya sudah kehilangan kontak). Sewaktu tinggal dan bekerja di Balikpapan, saya sesekali dolan ke sana. Cerita punya cerita, ternyata kami punya sebuah kesamaan, yaitu sama-sama suka lagu-lagu instrumental. Bukan sembarang instrumental, tapi instrumental khusus biola, gitar, atau gabungan keduanya. Lagu-lagunya pun (awalnya) tidak saya kenali, belum pernah saya dengar sebelumnya.

Singkat cerita, saya diberi hadiah sebuah kaset rekaman berisi lagu-lagu instrumental tadi. Saya senang sekali dengan lagu-lagu itu, namun sayangnya tidak ada keterangan judul lagu maupun ‘penyanyinya’ (sebenarnya kurang pas disebut ‘penyanyi’, lha wong instrumental kok pake penyanyi, he..he..he). Meski demikian, saya bisa mengenali beberapa judul di antaranya, misalnya Woman in Love, Tornero, Mahagony, Speak Softly Love, Ballade pour Adeline, A whiter shade of pale, Sleepy shores, dsb (meski tetap tidak bisa menemukan nama ‘penyanyinya’). Juga, saya tidak tahu itu lagu versi siapa. Meski judulnya sama, tapi versinya berbeda, dan rasanya juga lain. Misalnya Ballade pour Adeline versi Richard Clayderman tentu berbeda dengan versi yang saya ini.

Lama saya penasaran soal judul dan penyanyi lagu-lagu tsb. Dan alhamdulillah satu per satu teka-teki tersebut berhasil terungkap (meski belum semuanya). Berikut beberapa di antaranya yang sudah saya ketahui:

  • Ballade pour Adeline – by Francis Goya.
  • Tornero – by Francis Goya.
  • A whiter shade of pale – by Anthony Ventura
  • Woman in Love – by VA (Various Artist) atau mungkin Anthony Ventura.
  • Speak Softly Love – by Anthony Ventura.
  • Mama – by Anthony Ventura
  • Romeo and Juliet theme – by Henry Manchini.
  • Sleepy shores – by Johnny Pearson.

Saya paling suka dengan gesekan biola di lagu Mama, A whiter shade of pale, dan Woman in Love. Kalau Tornero, yang bikin maknyess adalah petikan gitar serta suara ‘backing vocal’-nya. Rasanya sendu sekali.

Mama (Anthony Ventura)
Ballade Pour Adeline (Francis Goya)
Woman in Love (Various Artists)
Yesterday (Anthony Ventura)
Saya masih penasaran dengan lagu-lagu yang lain di kaset itu yang masih belum jelas ‘identitas’-nya. Meski enak didengar, tapi tetap misterius. Hmm…

PS: preview-nya bisa dicari/didengar di MP3 City dan MP3 Skyline.

One thought on “Tebak Lagu

Leave a Reply

