Demam FB

Masyarakat kita sepertinya masih belum sembuh dari ‘demam FB’. Ini bukan FB Flu Burung atau Flu Babi yang heboh itu, melainkan FB yang ini yang juga tidak kalah heboh. Tua-muda, pegawai atau bukan, bahkan ibu-ibu rumah tangga juga tidak luput dari ‘demam’ aneh ini. Ke mana-mana, di mana-mana, yang dibahas tentu Facebook. Sedikit-sedikit Facebook, sedikit-sedikit Facebook. Sepertinya tidak ada yang lebih penting dari mainan yang satu itu.

Meski terkesan latah, fenomena ‘demam FB’ ini menurut hemat saya punya dua makna positif. Pertama, Facebook adalah menulis. Semua aktivitas di Facebook, apapun itu, hakekatnya adalah menulis. Menulis di wall, mengupdate status, menulis opini, membalas komentar, menulis apa saja. Nothing but writing. Jadi, Facebook bisa menjadi media alternatif untuk melatih dan menyalurkan hobi menulis. Dan masyarakat, menurut pengamatan saya, sudah mulai menikmati hal ini, meski sebagian besar masih dalam taraf reuni-reunian, atau sekadar memindahkan kebiasaan ngobrol-gosip-ngerumpi-guyonan secara verbal ke dalam bentuk tulisan.

Kedua, fenomena ‘demam FB’ juga bisa dijadikan titik awal yang baik dan tepat untuk membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat awam terhadap dunia internet (internet literacy). Masyarakat, terutama kalangan bawah, kini perlahan mulai mengenal dan menikmati ‘kue’ internet, meski masih dalam porsi yang relatif kecil. Dan mudah-mudahan, setelah ‘demam’ ini reda, masyarakat bisa semakin dewasa dan paham, bahwa masih banyak ‘menu internet’ lain yang lebih sehat dan bermanfaat. Tidak hanya FB, atau sekadar FB-FB-an. Semoga…

6 thoughts on “Demam FB

  1. Pingback: Tip Meningkatkan Semangat Menulis « catatan harian penulis lepas

  2. Pingback: Give Me Your Password, Dude! « catatan harian penulis lepas

  3. Pingback: Semangat menulis – ekobmi

  4. Pingback: Tip menulis – ekobmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s