Give Me Your Password, Dude!

Facebook signup form

Facebook signup form

Karena sekarang masih musim duren FB, baiklah saya tulis lagi soal FB. Mudah-mudahan nanti Anda tidak mabok FB🙂

Saya yakin Anda semua sudah kenal baik dengan FB. Di halaman depan situsnya terdapat sebuah form pendaftaran, terdiri atas First Name (nama depan), Last Name (nama belakang), Your Email (alamat email), New Password (password), Select Sex (jenis kelamin), dan Birthday (tanggal lahir). Sekilas tidak ada yang aneh dengan tampilan form tersebut. Tapi, coba perhatikan lagi bagian yang tercetak tebal.

Bagian Your Email dan New Password sekilas tampak seperti ‘tulislah alamat email dan password (email) Anda’. Padahal yang dimaksud adalah ‘tulislah alamat email Anda dan BUATLAH password BARU khusus untuk LOGIN ke Facebook’.

Persoalan ini terlihat sepele. Tapi percaya atau tidak, dari beberapa orang yang pernah saya tanya, cenderung terjebak untuk memasukkan password email mereka.😦 Tidak salah memang, dan sah-sah saja. Password email memang bisa saja digunakan sekaligus sebagai password untuk login ke Facebook. Tapi masalahnya, apakah kita rela? Apakah kita memang sebodoh itu menyerahkan password email pada orang lain? Arghh.., yang benar saja! Meskipun tidak ada data email penting di mailbox kita, email tetap merupakan sesuatu yang sangat pribadi dan punya privasi.

Seandainya memang benar yang diminta adalah password email, lantas dari mana Facebook tahu kita mengetik password yang salah atau benar? Lain halnya jika Facebook adalah salah satu bagian dari grup penyedia email kita (Yahoo! atau Gmail), seperti FlickrYahoo!, atau YouTubeGoogle.

Jadi, di mana sebenarnya letak kesalahannya? Apakah kombinasi kata ‘Your Email’ dan ‘New Password’ itu? Atau kita sendiri yang kurang teliti membacanya? Atau memang kita yang kurang paham? Apakah ini sebuah kesengajaan? Ataukah sekadar kebetulan?

4 thoughts on “Give Me Your Password, Dude!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s