B4goes DW

Kalau Anda jeli dan peka, setiap kejadian atau sesuatu dalam kehidupan ini ternyata menyimpan pelajaran yang sangat menarik. Contohnya gerobak rosok.

Gerobak rosok adalah gerobak yang ditarik atau didorong oleh pemulung di sepanjang jalan, terbuat dari lembaran papan dan seng bekas seadanya. Fungsinya, ya tentu saja menampung sementara barang-barang rongsokan yang ditemukannya. Di sini saya sering menjumpai pemulung dengan gerobak semacam itu. Entah bagaimana dengan Anda.

Ya, ini memang gerobak biasa. Yang membuatnya menarik dan tidak biasa adalah tulisan di samping kanan gerobak itu: “b4goes dw” (baca:bagoes dewe, alias bagus sendiri, paling tampan). Saya kurang tahu apakah ia pemilik gerobak yang membuatnya, atau bukan. Saya juga kurang tahu apakah ini sekadar iseng atau bukan. Tapi yang jelas, saya menangkap semangat dan rasa percaya diri yang tinggi dari si pembuat tulisan itu, meski ia tahu dan sadar hanya sebagai pemulung, yang oleh sebagian orang dianggap ‘bukan apa-apa’ dan ‘bukan siapa-siapa’. Tulisan itu menyiratkan rasa optimisme, meski kehidupan mereka tidaklah seberuntung kita.

Jadi, mari belajar dari pemulung. Mari kita optimis, jangan pesimis! Mari bangkit dan semangat berkarya. Masih banyak orang yang jauh kekurangan dan tidak seberuntung kita. Semangat.., semangat, semangat! Optimis.., optimis.., optimis!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s