Memilih

Memilih merupakan hal yang paling sulit bagi sebagian orang. Memilih jurusan, memilh sekolah, memilih tempat kuliah, memilih laptop, memilih calon suami/istri, atau…, memilih buku.

Kemarin siang (16/12) saya iseng jalan-jalan ke toko buku. Sejak awal saya memang ingin mencari sebuah buku baru tentang photografi, sebut saja buku A. Di toko Z, toko buku terbesar di kota saya, buku yang saya maksud ternyata belum ada. Maka larilah saya ke toko buku lain yang, meski lebih kecil, tapi terkenal royal dalam memberikan diskon kepada pembelinya. Nah, di sinilah pangkal persoalannya.

Di lantai dua, tempat buku-buku dipajang, saya tidak sengaja menemukan buku lain, sebuah buku baru tentang penulisan, sebut saja buku B. Buku B ini sebenarnya sudah lama saya dengar akan terbit, tapi baru sekarang bisa saya temukan. Dan memang baru terbit dan saya temukan sekarang.

Setelah membaca beberapa halaman, muncul keinginan untuk membeli. Tapi saya urungkan dulu. Sebab, membeli dua buku sekaligus bagi saya terlalu berat dan mewah. Jadi musti memilih. Sialnya, saya bukan tipe orang yang pandai menentukan pilihan ha..ha..ha..🙂

Lantas saya menuju rak buku komputer. Dan.., aha..! Ternyata buku photografi yang saya cari ada di sana. Tampilannya cukup besar, nyaris seukuran majalah. Dicetak dikertas agak tebal seperti kertas majalah, dan semuanya berwarna. Soal harga, jangan ditanya! Mahal sekali!😦 Kurang lebih dua kali harga buku B.

Saya bolak-balik menimbang-nimbang antara buku A (photografi) dan buku B (penulisan). Saya bimbang, sebab keduanya sama-sama berharga buat saya. Namun akhirnya, dengan berbagai pertimbangan, buku A (photografi) yang menang dan ikut saya pulang. Meski harganya dua kali lipat dari buku B, namun saya merasa lebih senang dan lebih bermanfaat. Ada banyak pengetahuan dan ilmu baru soal photografi buat pemula seperti saya ini.

Untuk sementara, buku soal penulisan saya tinggal dulu.🙂 Ma’af ya buku B.. Tetap di sana, jangan ke mana-mana. Nanti kapan kalau ada cukup dana untuk memboyong kamu pulang

Leave a Reply

