Pilih Netbook atau Notebook?

Netbook vs Notebook

Netbook vs Notebook. Sumber: Intel.com

Bagi sebagian orang, memilih netbook dan notebook tentu bukan perkara yang gampang. Selain bentuknya yang nyaris sama, faktor harga juga turut menentukan pilihan. Jadi bagaimana? Pilih netbook atau notebook?

Netbook dan notebook secara fisik dapat dilihat perbedaan pada monitor, netbook berukuran 7 hingga 10 inch, sedangkan notebook memiliki layar lebih dari 10 inch. Dengan ukuran yang kecil, netbook sangat nyaman dibawa kemana-mana kita pergi. Hal lainnya yang membedakan adalah netbook memiliki keterbatasan pada output device, dan netbook pada umumnya tidak memiliki optical drive. Ciri yang lain adalah harga, netbook memiliki kisaran harga $250 hingga $500. Tetapi anda tidak dapat menemukan notebook di bawah $500.

Target pengguna netbook adalah orang yang suka duduk berjam-jam di food court, cafe, atau restoran yang menyediakan hotspot gratis. Fasilitas WIFI dipastikan terdapat pada semua jenis netbook. Dapat dipastikan pengguna netbook yang berjam-jam di cafe atau restoran atau tempat lainnya yang terdapat WIFI spot adalah chatting, menulis atau hanya sekedar browsing internet saja, karena aplikasi berat sudah dipastikan sangat memakan sumber daya dan tenaga dari netbook tersebut. Aplikasi-aplikasi ringan yang lazim terdapat pada netbook adalah Chat Messenger seperti Yahoo messenger, MSN Messenger, GoogleTalk, Skype, browser Mozilla, serta webcam untuk digunakan live cam menggunakan aplikasi Messenger yang support view cam. [sumber]


5 thoughts on “Pilih Netbook atau Notebook?

  1. Aku milih notebook aja Mas Eko.Ntar kalau punya uang mau beli pas ada pameran biar agak miring harganya. Bisa merekomendasikan notebook yang handal tapi harga gak nguras dompet Mas Eko?

    • @ pak wyw1d:
      siiippp lah🙂
      btw. soal merek tentu sangat subjektif. saya baru coba HP520 dan HP540. selama ini alhamdulillah baik2 saja, meski dulu sempat rewel. selain HP, pernah coba sebentar Acer 4736x (pny sodara he…he..he. Cumi). Ada juga Compaq (sy lupa serinya).

      Buat bahan perbandingan, sering2 browsing aja pak ke situs2 review laptop yg independen. Salah satu situs Indonesia yg menurut saya lumayan bagus adalah Tambah.info.

      notebook yang handal tapi harga gak nguras dompet

      nah ini lebih susah lagi jawabnya. kalau notebook yg andal banyak🙂 yg penting sesuai kebutuhan saja he..he..he..

      selamat berburu laptop pak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s