Kertas Bekas

Kertas bekas, meski lusuh, terkadang menyimpan informasi yang menarik untuk dinikmati. Contohnya seperti yang saya temukan semalam.

Saya memang biasa menyimpan kertas bekas yang baru terpakai satu sisi. Maksudnya, sisi lainnya yang masih kosong saya pakai untuk ngeprint ala kadarnya, buat konsumsi pribadi. Lah, seperti biasa, sebelum saya pakai saya baca dulu tulisan di kertas itu, siapa tahu masih penting/berguna.

Eh, ternyata benar. Ada istilah tipe Sanguin, tipe Flegmatik, tipe Melankolik, dsb. Rupanya itu tulisan tentang psikologi (kepribadian???), topik yang, meski jauh dari bidang saya, tapi sangat menarik. Lantaran penasaran, akhirnya saya cek Google, dan menemukan banyak sekali link artikel yang terkait. Salah satunya adalah ini. Berikut ini kutipannya:

Sanguin. Sanguin adalah orang yang gembira, yang senang hatinya, mudah untuk membuat orang tertawa, dan bisa memberi semangat pada orang lain. Tapi kelemahannya adalah dia cenderung impulsive, yaitu orang yang bertindak sesuai emosi atau keinginannya.

Plegmatik. Tipe plegmatik adalah orang yang cenderung tenang, dari luar cenderung tidak beremosi, tidak menampakkan perasaan sedih atau senang. Naik turun emosinya itu tidak nampak dengan jelas. Orang ini memang cenderung bisa menguasai dirinya dengan cukup baik, ia intorspektif sekali, memikirkan ke dalam, bisa melihat, menatap dan memikirkan masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya. Kelemahan orang plegmatik adalah ia cenderung mau ambil mudahnya, tidak mau susah, sehingga suka mengambil jalan pintas yang paling mudah dan gampang.

Melankolik. Tipe melankolik adalah orang yang terobsesi dengan karya yang paling bagus, yang paling sempurna dan dia memang adalah seseorang yang mengerti estetika keindahan hidup ini. Perasaannya sangat kuat, sangat sensitif maka kita bisa menyimpulkan bahwa cukup banyak seniman yang memang berdarah melankolik. Kelemahan orang melankolik, ia mudah sekali dikuasai oleh perasaan dan cukup sering perasaan yang mendasari hidupnya sehari-hari adalah perasaan murung.

Kolerik. Seseorang yang kolerik adalah seseorang yang dikatakan berorientasi pada pekerjaan dan tugas, dia adalah seseorang yang mempunyai disiplin kerja yang sangat tinggi. Kelebihannya adalah dia bisa melaksanakan tugas dengan setia dan akan bertanggung jawab dengan tugas yang diembannya. Kelemahan orang yang berciri kolerik adalah kurangnya kemampuan untuk bisa merasakan perasaan orang lain (empati), belas kasihannya terhadap penderitaan orang lain juga agak minim, karena perasaannya kurang bermain. [sumber]

Bagi orang awam seperti saya, tulisan di atas tentu sangat menarik. Apalagi, sejak dulu saya memang tertarik dan suka dengan buku-buku Psikologi populer, seperti Bahasa Tubuh (Alan Pease & Barbara Pease, penerbit Arcan), Bahasa Wajah (saya lupa nama penulisnya, penerbit Arcan), Membaca Bahasa Tubuh dalam Pergaulan (David Cohen, penerbit Arcan), dsb.

One thought on “Kertas Bekas

  1. Pingback: Tes Psikologi Kepribadian « catatan harian penulis lepas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s