Generalis Vs Spesialis

Dulu saya tidak bisa menjawab dengan pasti ketika ditanya perihal minat saya yang sebenarnya. Sekarang pun tidak🙂 . Saya, mungkin juga Anda, cenderung menjadi generalis; berminat terhadap hampir semua bidang ilmu tanpa satupun bidang ilmu/topik yang betul-betul dikuasai.

Belakangan ini, obrolan soal generalis dan spesialis kembali mencuat di benak saya, ketika saya benar-benar tiba di persimpangan karir. Saya benar-benar harus memilih! Saya tidak bisa selamanya menjadi generalis, tanpa satupun bidang yang benar-benar saya minati dan kuasai.

Menjadi generalis memang menyenangkan. Seorang generalis bisa menguasai mengetahui banyak topik/bidang ilmu. Sedangkan spesialis adalah kebalikannya, hanya menekuni dan menguasai satu topik tertentu.

Meski demikian, adakalanya kita dituntut untuk menjadi seorang spesialis. Kita tidak mungkin menguasai seluruh bidang, sebab kapasitas otak kita sangat terbatas.

Menjadi seorang spesialis bukan berarti bodoh (karena cuma menguasai bidang tertentu). Justru, seorang spesialis adalah ahli di bidangnya. Seorang spesialis mempunyai posisi tawar yang tinggi, tidak mudah digeser/digusur/digantikan oleh seorang generalis, meski ia mempunyai kemampuan di bidang yang sama.

2 thoughts on “Generalis Vs Spesialis

    • @ Aulia:
      betul sekali. contoh yang sederhana (dan sering kita jumpai) adalah dokter umum vs dokter spesialis (maaf ini sekadar contoh, tidak ada maksud negatif). berobat ke dokter spesialis (misal spesialis kulit) cenderung lebih mahal dibanding ke dokter umum. menjadi seorang spesialis, selain lebih fokus dan ahli, juga meringankan beban otak kita🙂

      terima kasih sudah berkunjung kemari…

Leave a Reply

