Aneh

Kemarin sore saya berkesempatan mengunjungi seseoang di sebuah Rumah Sakit. Ini bukan rumah sakit biasa, tapi RSJ (Rumah Sakit Jiwa).

Jujur saja, ini adalah kali pertama saya ke sana. Ada kesan sepi dan mencekam. Ada tatapan aneh dari mata para pasien. Suasananya jauh berbeda dengan apa yang saya lihat di televisi atau film-film. Ya jelas saja! Yang saya lihat dan hadapi adalah kenyataan, bukan sebuah tanyangan ala sinetron-sinetron.

Ruangan yang kami tuju kebetulan berada di kompleks paling belakang (di sana ada banyak kamar dalam bangunan yang terpisah). Ada banyak pepohonan rimbun. Suasananya benar-benar sepi.

Bebebarapa orang tampak duduk diam menyendiri. Ada pula yang bicara sendiri. Sementara beberapa pasien lain duduk berkelompok sambil nonton acara televisi.

Saya (juga beberapa rekan yang ikut berkunjung ke sana) sempat ngobrol dengan salah satu pasien. Si Bapak ini ketika diajak biacara terkadang nyambung, tapi kadang arah pembicaraannya kurang jelas/ngelantur. Kadang bicara soal pekerjaannya dulu, soal lingkungan, soal rumah, soal macam-macam. Yang bikin saya sedikit kaget, ia sering juga bicara soal makhluk asing, allien, pesawat terbang, UFO, dan pengalaman-pengalaman spiritual tertentu. Ia dengan lancar bercerita sambil menunjukkan tulisan-tulisan yang ia buat. Anehnya, meski dianggap gila, namun ia tetap lancar menulis seperti layaknya orang normal.

Menjelang senja kami pulang. Kesan sepi dan sedih semakin terasa. Saya membayangkan bagaimana jika kita yang tinggal di sana. Tentu sangat kesepian. Sendiri. Sunyi.

Orang (yang dianggap) gila memang banyak sekali penyebabnya. Soal ini silakan tanyakan pada dokter ahli kejiwaan. Yang kasihan kalau pasien itu gila karena keadaan, lingkungan, pekerjaan, dsb. Sewaktu “normal” hidup oleh lingkungan sosial. Ketika gila pun hidup sendirian. Benar-benar kasihan.

Ini bukan bermaksud menghina atau merendahkan mereka yang dianggap gila. Saya hanya membayangkan apa yang mereka rasakan…

2 thoughts on “Aneh

  1. hempphhhmmm……
    mungkin “gila” itu karena tidak bisa memecahkan masalah, diambil fikiran yang terlalu jadinya ya begitu..
    berpengang teguh pada agama, semoga kita termasuk orang yang beruntung..🙂

Leave a Reply

