Rumus Link Otomatis

Sebagai seorang penjelajah internet atau web master sejati, Anda tentu tahu apa itu hyperlink alias link. Link adalah ‘menu’ atau tautan ke halaman web atau situs web yang lain. Format penulisannya cukup simpel, misalnya: <a href=”http://www.google.co.id&#8221; title=”Google Indonesia” target=”_blank”>Google Indonesia</a>. Hasilnya adalah Google Indonesia.

Membuat link atau hyperlink selintas tampak mudah dan sederhana. Namun apa jadinya kalau jumlah link yang ingin dibuat sangat banyak, misalnya puluhan atau bahkan ratusan, tentu sangat merepotkan bila harus dikerjakan secara manual satu per satu.๐Ÿ™‚๐Ÿ˜€ Kita butuh cara khusus agar lebih praktis dan cepat. Bagaimana caranya?

  1. Buka program MS Excel (di Windows) atau OpenOffice.org Spreadsheet (di Linux).
  2. Di sel A1 sampai E1, tulis judul kolomnya berturut-turut, yaitu URL, Title, Target, Anchor Text, dan Standard Link (nama-nama ini bisa diganti/diubah sendiri sesuai selera).
  3. Kolom A (URL), B (Title), dan C (Target) berisi data yang diisikan secara manual. Sedangkan sisanya, yaitu kolom D (Anchor Text) dan E (Standard Link) berisi rumus otomatis.
  4. Membuat rumus link otomatis di OpenOffice.org Spreadsheet

    Membuat rumus link otomatis di OpenOffice.org Spreadsheet

  5. Mari kita mulai. Di sel A2 (URL), ketik URL yang diinginkan, misalnya http://www.google.com.
  6. Berikutnya, di sel B2 (Title), isikan judul yang sesuai/diinginkan. Judul ini nanti akan menjadi tooltip dan muncul saat kursor mouse ditempatkan di atas link (hover).
  7. Di sel C2 (Target, sebenarnya ini opsional, boleh dibuat, boleh tidak), ketik _blank. Artinya, jika link tersebut diklik, akan terbuka di halaman/tab baru.
  8. Sekarang kita buat rumusnya. Dalam contoh ini, Anchor Text (yaitu teks yang akan muncul sebagai label pada link) kita samakan dengan Title/Tooltip (sel B), maka pada sel D2, ketik =B2 (jika menginginkan anchor teks yang lain, maka ketik/buatlah anchor teks sendiri/diketik secara manual).
  9. Berikutnya, di sel E2, ketik =”<a href=”&””””&A2&””””&” title=”&””””&B2&””””&” target=”&””””&C2&””””&”>”&D2&”</a>”.
  10. Sekarang lihatlah hasilnya. Link akan tercipta secara otomatis.
  11. Untuk membuat link yang lain, copy semua data pada baris sebelumnya dan paste ke bawah/ke baris berikutnya (pada kolom yang sama) sesuai jumlah baris yang diinginkan. Jangan lupa untuk mengganti data pada sel A (URL), B (Title), dan D (Anchor Text, jika tidak diset otomatis/tidak disamakan dengan Title/sel B).
  12. Rumus di atas, terutama pada sel E, sebenarnya bisa dimodifikasi untuk membuat list item (ordered/unordered list), dengan cara menambahkan <li> dan </li> (untuk <ol> </ol> atau <ul> </ul> nanti bisa ditambahkan sendiri sewaktu hasil copy rumus akan digunakan, mengapit blok <li> </li>). Untuk memodifikasinya, sebaiknya buat/tempatkan pada sel yang baru/di samping kanan.
  13. Lantas, bagaimana cara menggunakan hasil link otomatis tersebut? Gampang sekali. Copy hasil pembuatan link otomatis dari kolom D (atau E, jika ada), paste dulu ke program text editor (misalnya Gedit atau Notepad), baru kemudian dicopy-paste ke dalam program web yang sedang dibuat. Atau, jika Anda membuat web menggunakan Gedit/text editor, langsung saja dipaste ke sana.

Gampang sekali, bukan? Jika masih bingung, silakan download file rumus link otomatis dalam format XLS atau ODS.

10 thoughts on “Rumus Link Otomatis

    • he..he..he.., berarti trick-nya sama dong๐Ÿ˜€ . Oiya, saya sampai lupa kasih link buat download contoh filenya (sekarang sudah saya update). Terima kasih Pakdhe…๐Ÿ™‚

  1. saya ingin sekali menulis buku..tapi masih sebatas cita-cita.dapatkah saya mendapatkan informasi tentang menulis melalui lingk penulis lepas?

    • bagus sekali mas Salam. menulis buku sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. jenis buku yang bisa ditulis sangat banyak. penerbit buku juga tidak kalah banyak. tinggal dipilih sesuai selera. cara paling gampang menemukan daftar penerbit buku adalah melalui internet. cara lain, bisa lewat buku (di perpustakaan/toko buku). di halaman awal biasanya ada nama dan alamat penerbit.

      naskah buku tidak harus jadi 100%. ada penerbit yang lebih suka menerima draft/proposal buku terlebih dahulu. jika temanya cocok/prospektif, baru kita diminta menulis buku tsb dg tenggat waktu tertentu. jika mas Salam berminat ngobrol lebih jauh soal ini, silakan kontak saya lewat email: eko.setianto@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s