Menulis dan Kerendahan Hati

Menulis, apapun media dan bentuknya, sebenarnya bukan sekadar berbagi pengetahuan, cerita, atau pengalaman lewat tulisan. Lebih dari itu, menulis juga mengajarkan kita untuk bersikap rendah hati.

Ketika tulisan kita bermanfaat bagi orang lain, kita tidak serta-merta besar kepala, sombong, merasa sok pintar. Masih banyak orang yang jauh lebih pintar dari kita. Pun sebelumnya kita tidak tahu apa-apa. Sebaliknya, ketika yang kita tulis ternyata tidak benar/kurang pas/kurang tepat/kurang sesuai, kita juga tidak gampang berkecil hati.

Menulis, betapapun terkesan remeh di mata orang lain, merupakan suatu keberanian yang patut diapresiasi. Pasalnya, tidak semua orang (yang merasa pintar) bisa dan mau berbagi ilmu lewat tulisan.

Bahwa yang kita tulis ternyata tidak benar/kurang pas/kurang tepat/kurang sesuai/(dianggap) salah kaprah, tinggal dikoreksi saja. Tunjukkan bagian mana yang salah, dan bagaimana seharusnya. Tidak perlu ‘dicaci-maki’, apalagi dicap tidak becus/tidak pantas menulis.

Semua orang bisa salah, semua orang bisa keliru. Isi kepala masing-masing orang tidak sama, tingkat pemahaman orang juga berbeda-beda. Tidak ada orang yang mendadak pintar. Semuanya berproses, termasuk belajar dan menulis. Sekali lagi, proses…

Terima kasih untuk ibu Mulyani atas inspirasinya…🙂

6 thoughts on “Menulis dan Kerendahan Hati

    • betul mas. kalau sukses..🙂
      kalau belum sukses (dalam arti materi, seperti yang dipersepsikan banyak orang), yang terjadi justru sebaliknya, rasa rendah diri, plus jadi bahan omongan tetangga kanan-kiri, he..he..he..

      tetap semangat menulis…🙂

    • terima kasih, pak Bambang. saya masih belajar menulis kok…
      btw. format yg gimana ya pak? kalau theme/tampilannya, sy pakai theme Binary Moon (klo gak salah sih). trus tinggal ditambah widget spt di samping kanan itu…

      terima kasih atas kunjungannya ya pak. kapan2 silakan mampir lagi kemari. dua tiga minggu ini sy memang gak sempat online, jd tulisannya belum ada yg baru…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s