Mengembalikan Ikon di Panel Ubuntu

Menyambung tulisan saya sebelumnya soal cara mengembalikan ikon shutdown di panel Ubuntu. Cara yang saya tulis tersebut memang tidak bisa mengembalikan ikon persis seperti semula. Waktu itu saya pikir, yang penting fungsinya sama. Meski demikian, jujur saja, saya masih penasaran. Terlebih lagi, tempo hari salah satu pembaca blog ini juga mengeluh lantaran setelah membaca dan mencoba, tombolnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jadilah saya semakin penasaran.

Akhirnya saya menemukan cara yang lebih praktis dan—ini yang paling penting—bisa mengembalikan ikon-ikon di panel yang hilang kembali seperti semula tanpa rekayasa install ulang Ubuntu. Penasaran?😆 Mari kita coba:

  1. Buka Terminal (klik menu Applications > Accessories > Terminal, atau tekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+F2).
  2. Ketik gconftool --recursive-unset /apps/panel. Panel atas dan bawah akan menghilang.
  3. Ketik rm -rf ~/.gconf/apps/panel
  4. Terakhir, ketik pkill gnome-panel
  5. Sekarang semua ikon di panel akan kembali seperti sediakala. Tidak percaya? Silakan dicoba…🙂

REF: Restore Panels In Ubuntu Back To Their Default Settings

16 thoughts on “Mengembalikan Ikon di Panel Ubuntu

    • saya pengennya ubuntu ndak pake ketik kode2 yang membingungkan itu

      nah, itu dia mas. saya juga pengennya begitu, tapi ndak tahu😆 . ini juga dapat dari blog si bule sebelah…

    • Inilah kelebihan dari Linux. Saya suka dengan kode-kodenya, dengan adanya kode ini sepertinya kita berkomunikasi langsung dengan si Tux. Sungguh menyenangkan. Kalau dengan klik-klik rasanya sangat kaku dan sangat di atur, seperti di Misotop.

      • hehehe…, sebuah testimoni yg jujur😀 . iya betul mas, lebih asyik pakai command line/perintah2, apalagi kalau jago ngetik 10 jari, wah makin sip tuh..🙂

  1. mas, punya saya panelnya masih utuh tapi menu yang di sebelah kiri hilang. saya sudah coba cara2 diatas tapi masih gak mau keluar juga menu nya.
    gimana ya?
    tolongin saya dong.. please

  2. semula drive C D E dst (pd Win7) muncul di place ubuntu 10.10, terus now kok gak muncul [1], animasi AWN tdk jalan, dan juga mozilla error n iconnya hilang. gimana ya solusinya. thanks 4 all

    • idatsu,

      semula drive C D E dst…

      drive/partisinya msh ada gak? cb cek lewat Places > Computer.

      animasi AWN tdk jalan

      coba reinstall awn, bs gak? AWN problem after 10.10 upgrade.

      juga mozilla error n iconnya hilang…

      klo cm hilang, mngkin bs dikembalikan dg cara di atas. tp klo ada bonus “error” dan ndak bisa dipake, cb reinstall firefox, bs gak?

      maaf klo jawaban di atas salah/gak cocok. sy cm bantu cari2 referensi, coz gak bisa generate simulasi error spt di atas.

  3. makasih .

    drive/partisinya msh ada gak? cb cek lewat Places > Computer.

    kalo di Win7 partisi masih ada, tp di ubuntu (place my coomputer tdk ada) yg ada file sytem.
    jd masih blm berhasil utk mount drive C, D, E {punya win7} pd ubuntu

    thanks

Leave a Reply

