Membuka Dokumen dengan Autorun.Inf

autorun

autorun

Bagi Anda pengguna komputer bermesin Windows tentu sudah kenal dengan file autorun.inf. File ini biasanya terdapat dalam sebuah CD instalasi/program, bertugas menjalankan program/aplikasi tertentu secara otomatis ketika CD dimasukkan ke dalam drive. File ini memang tidak terlihat melalui Windows Explorer (kecuali dengan mengaktifkan opsi view hidden files), karena attributnya diset hidden (tersembunyi).

Selain program/aplikasi, autorun.inf juga bisa membuka/menampilkan file lain, misalnya file dokumen tertentu (.html, .txt, .pdf, dsb) yang diinginkan. Bagaimana caranya?

  1. Dalam contoh ini kita akan membuat autorun.inf yang otomatis akan membuka/menampilkan file welcome.html.
  2. Buka program text editor (misalnya Notepad, Notetab, dsb).
  3. Ketik baris perintah berikut ini:
  4. [autorun]
    shellexecute=welcome.html

  5. Simpan dengan nama autorun.inf. NOTE: Jika Anda menggunakan Notepad, pastikan memilih All files di bagian Save as type.
  6. Selanjutnya copy file tersebut ke dalam CD bersama dengan file welcome.html (yang ingin dibuka). Anda bisa menggunakan program burning CD, misalnya Nero, dsb untuk melakukannya.
  7. Setelah selesai, coba masukkan kembali CD ke dalam drive. Hasilnya, file welcome.html otomatis akan muncul melalui program Internet browser default (Internet Explorer, Mozilla Firefox, dsb).
  8. File welcome.html di atas cuma contoh. Anda bisa menggantinya dengan file lain yang ingin dibuka, misalnya file teks (txt), video (.avi), dsb.

Selamat mencoba!

PS: bisa juga membuka file tertentu menggunakan aplikasi portabel dalam CD. Misalnya: membuka file blbp.pdf menggunakan Acrobat Reader (AcroRd32.exe) di folder Reader. Caranya:

[autorun]
open=Reader\AcroRd32.exe blbp.pdf

isi cd

isi cd

REF: autorun.inf commands, autorun.inf, what is it?, autorun.inf entries, autorun.inf (Wikipedia), autorun (Wikipedia). [src]

10 thoughts on “Membuka Dokumen dengan Autorun.Inf

  1. Hallo mas Eko kita bersua kembali
    Tertarik dg postingan ini, saya ingin menanyakan:
    -saya telah membakar sebuah file kedalam cd, didalam cd tsb sebelumnya sudah ada beberapa file
    -burning telah berhasil, namun setelah saya buka cd nya file sebelumnya tidak terbaca, sementara kapasitas cd sudah bertambah sesuai besaran file yang baru
    Bagaimana mwengatasio ini agar file yang terdahulu tetap bisa terbaca.

    terima kasih dan salam
    sukolaras

    • selamat bersua kembali, pak Suko…

      burning telah berhasil, namun setelah saya buka cd nya file sebelumnya tidak terbaca, sementara kapasitas cd sudah bertambah sesuai besaran file yang baru

      kalau yang dimaksud “tidak terbaca” adalah tidak kelihatan/tidak ada (ketika dilihat di windows explorer), mgnkn filenya sdh hilang/overwrite dg file/data yg baru. mungkin (dulu) sewaktu burning data yg lama, pilihan multisession disc tidak diaktifkan.

      Tip: kalau pakai nero, setiap kali burning data sebaiknya pilihan Allow files to be added later (multisession disc) diaktifkan/dicontreng, supaya kalau sewaktu2 ingin menambah data lagi ke dalam cd, data yg lama masih bisa dipakai/dibuka.

      ini contoh isi cd yang lama, dan ini sewaktu akan burning data baru ke dalam cd (yg sudah terisi data lama). file yang lama masih ada/kelihatan, dan masih bisa dibuka…

      • Terima kasih penjelasannya
        Kasus ini baru saya temui kali ini, padahal sebelumnya saya setiap burning pada satu cd berkali-kali selalu berhasil (bisa ditambah)
        Anehnya saya buka melalui CD player masih ada itu file yang lama.

      • Bagaimana mwengatasio ini agar file yang terdahulu tetap bisa terbaca.

        Anehnya saya buka melalui CD player masih ada itu file yang lama.

        bisa pak, tp agak njelimet. caranya:

        cd tsb dicopy menjadi file iso (aka disc image) menggunakan iso image software/software burning cd/dvd yg support/bisa bikin file image, misalnya Daemon Tool Lite.
        setelah jadi, file iso di-mount dg daemon tools (atau software sejenis). mustinya file yg lama sdh kelihatan (di win explorer).
        file tsb bisa dicopy dulu ke harddisk, atau langsung diburn lg ke cd (pakai mediaNow atau software lain).

        mudah2an berhasil pak…

  2. maaf mw nanya mas:
    bisa g mas, file windows yg sudah sy copy ke dalam hardisk diburning menjadi file berbentuk autoplay, supaya master itu bisa kepake kembali?

    • file windows yg sudah sy copy ke dalam hardisk

      yg sudah dicopy, mksudnya masternya ya? menurut sy bisa mas, asal ada file auturun.inf.

      PS: btw. utk tujuan backup cd ke hardisk, sebaiknya jng dicopy langsung filenya, tp buat disc image/file iso-nya pakai software burning cd. hasilnya sama persis spt cd aslinya, dan nggak khawatir ada yg tercecer/hilang filenya. klo sewaktu2 mo burning/copy ke cd, tinggal burn file iso ke cd. lebih cepat dan gampang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s