listOmatic

Ini masih soal Ubuntu lagi. Lagi-lagi Ubuntu. Bukan karena saya sok tahu, keminter, kemlinthi, nyentrik,😉 soal itu. Justru sebaliknya, saya baru soal ini. Jadi, Ubuntu, juga Linux pada umumnya, selalu menarik buat saya. Kedua, cuma ini yang sempat terbersit di benak saya untuk ditulis sekarang. Kalau nanti ada yang lain, tentu akan saya tulis di sini.

Oya, soal judul di atas. Mudah-mudahan itu tidak membuat kening Anda berkerut. ListOmatic, maksudnya ‘daftar otomatis’. Ini cuma istilah rekaan ‘pinjaman’ supaya lebih singkat dan mudah diingat (dan semoga menarik). Kalau saya tulis apa adanya apa yang saya maksud, nanti malah terlalu panjang dan panjang dan panjaaang. Bertele-tele, hehehe.😀 Oke, cukup sudah basa-basinya. Mari langsung ke intinya.

Dulu saya sering, karena suatu sebab, menginstal ulang Ubuntu berulang-kali. Tidak hanya Ubuntu, tapi juga aplikasi tambahan lain yang saya perlukan. Ini tentu saja sangat merepotkan, karena tidak ada catatan daftar aplikasi yang kita butuhkan. Aplikasi tersebut bisanya saya install by accident, saat ingat dan pas butuh.

Dulu saya memang pernah membuat catatan, betul-betul mencatat sendiri secara manual, daftar aplikasi tambahan yang akan saya install. Sayangnya (atau untungnya?), file itu terhapus. Jadilah saat ini saya hanya bisa mereka-reka aplikasi apa yang dulu pernah saya install. Belakangan saya baru tahu, seperti yang pernah saya bayangkan sebelumnya, ternyata ada cara untuk membuat daftar otomatis aplikasi yang terinstall di Ubuntu.

Untuk membuat daftar aplikasi yang terinstall di komputer:

  1. Buka terminal (klik menu Applications > Accessories > Terminal).
  2. Ketik sudo dpkg ––get-selections > installed-software. Hasinya adalah file installed-software yang berisi semua daftar aplikasi yang terinstall saat ini.

Daftar ini selanjutnya bisa dijadikan acuan untuk menginstall kembali pada PC yang lain atau Ubuntu yang baru, satu per satu, secara manual; bisa juga digunakan untuk menginstall semua aplikasi sekaligus dengan hanya satu perintah.

Untuk menginstall aplikasi satu per satu, tinggal ketik sudo apt-get install nama_aplikasi. Untuk menginstall semua aplikasi yang ada dalam daftar itu, ketik sudo dpkg ––set-selections < installed-software (yang ini saya belum coba). Keterangan selengkapnya bisa dibaca di sini.

Mudah-mudahan bermanfaat!

PS: Daftar di atas akan sangat panjang, karena selain berisi memuat semua aplikasi yang terinstall. Padahal yang saya inginkan cuma aplikasi tambahan saja. Tapi tidak apa, setidaknya saya tidak perlu membuat list/daftar manual.

REF: How to Create a list of installed packages.

Leave a Reply

