Galak

Dari sekian banyak kucing yang pernah mampir ke rumah saya, saya perhatikan ada beberapa kesamaan antara sifat kucing dan manusia. Maaf, bukan bermaksud menyamakan manusia dan binatang. Begini ceritanya.

Sebut saja Rita. Kucing betina ini galak sekali, beda dengan kucing-kucing lainnya. Meski sudah lama di tempat saya, sifatnya tidak berubah, tetap galak.

Nah, suatu saat, saya pernah lihat dia ngemong si anaknya, cuma satu. Si anak ini lembek sekali, terlalu kalem, beda sekali dengan si induknya (Rita). Uniknya lagi, meski sehari-hari si Rita galak, serius, ternyata masih punya rasa humor juga. Si Rita ternyata senang bercanda dengan anaknya, tentu saja dengan gaya yang kaku, terkesan dipaksakan; kontras sekali dengan sifatnya yang sebenarnya. Sementara si anak, terlihat kurang antusias. Cuek saja…

Lain Rita, lain pula si Dince. Kucing betina ini kalem sekali, terlalu kalem bahkan. Emaknya sendiri, alm. si Tessy, juga kalem. Dari beberapa generasi keturunannya, saya perhatikan anaknya gempal, sehat, lincah, dan gesit. Beda sekali dengan anak si Rita. Selain itu, anak-anak si Dince juga selalu terlihat hepi, seperti tidak punya beban apapun.

Dari cerita dua kucing di atas, kalau saya kaitkan dengan cerita kita manusia, ternyata ada kemiripan. Orang tua yang cenderung diktaktor, keras, suka mendikte/mengatur, dsb, anak-anaknya cenderung pendiam, pasif, dsb. Sementara, orang tua yang lembut, demokratis, dsb, anak-anaknya cenderung hepi, kreatif, cerdas, bebas, dsb. Apakah memang demikian, saya kurang tahu pasti. Ini cuma sebatas pengamatan pribadi. Bisa jadi cuma kebetulan.๐Ÿ™‚

PS: Mohon maaf jika ada kesamaan nama dengan nama-nama kucing di atas.๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s