Tip Ceria Bermilis

Judul di atas sebenarnya kurang pas, terlalu dipaksakan. Ya.., TST sajalah, Tahu Sama Tahu. Kata Bermilis sebenarnya tidak baku. Tapi, kalau ditulis Bermailinglist malah salah. Duh, itu salah, ini salah. Bisa-bisa nanti saya dicap ngawur lagi…🙂

Ini cuma obrolan ringan seputar milis. Tadi pagi ada pembaca yang mengeluh soal milis. Pasalnya, setiap kali buka email, kegiatan rutin yang pertama—dan sering—dilakukan adalah menghapus email dari milis yang tidak diinginkan. Alih-alih menikmati diskusi hangat, yang ada justru tumpukan email yang bikin sumpek sesak. Mengesalkan, bukan?

Emang bikin kesel kalo kita harus menghapus email yang masuk hampir ratusan bahkan ribuan tiap hari dari group tersebut.

Dulu ini pernah juga saya alami. Entah bagaimana dengan Anda. Yang jelas, ini bukan salah Anda, apalagi salah saya🙂. Ini juga bukan salah milis, bukan pula salah kambing yang hitam itu. Ini cuma salah si setting, ha..ha..ha.😀

Ada dua tip supaya kegiatan bermilis tetap menyenangkan. PERTAMA, buat akun email khusus untuk bermilis, misalnya fulan.milis@gmail.com. Fulan itu bisa diganti nama Anda. Itu cuma contoh, bisa diganti dengan alamat yang lain yang sebenarnya. Gunakan alamat email tersebut untuk bergabung dengan milis manapun. Dengan demikian, semua email dari milis akan masuk ke sana, dan tidak akan mengganggu email pribadi Anda.

KEDUA, pilih daily digest. Daily digest adalah metode pengiriman pesan/email (message delivery) dalam bentuk ringkasan diskusi dalam satu hari. Satu ringkasan satu email setiap hari. Pilihan yang lain (defaultnya) adalah individual emails, yaitu setiap diskusi/obrolan selalu dikirim per email. Maksudnya, kalau ada topik baru, langsung dikirim. Nanti ada yang balas, dikirim lagi. Kalau ada sepuluh orang yang balas, berarti ada sepuluh email yang masuk. Kalau ada 100 orang yang balas, berarti ada 100 email baru yang masuk. Ini yang membuat inbox cepat penuh dan setres.

Cara mengubah individual emails menjadi daily digest:

  1. Buka http://groups.yahoo.com.
  2. Login dengan account Anda (yang dipakai sewaktu mendaftar di milis).
  3. Klik Manage.
  4. Klik Edit My Groups.
  5. Di bawah kolom Message Delivery, klik dropdown di samping nama milis yang dimaksud, dan pilihDaily Digest.
  6. Untuk memilih Daily Digest untuk semua milis yang kita ikuti, klik dropdown paling bawah (under Message Delivery), dan pilih Daily Digest.
  7. Klik Save Changes.
  8. Selesai. Sekarang bisa keluar dengan mengklik Sign Out (kiri atas).

Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s